5 Trik Ampuh Menurunkan Berat Badan dari Ahli Nutrisi!

Percaya atau enggak, kita masih sering melakukan kesalahan saat hendak mengurangi berat badan. Banyak tips ‘diet’ yang justru keliru dan malah membuat kita mengalami masalah kesehatan. Kalau menurut ahli nutrisi seperti dilansir dari The Healthy, seharusnya kita melakukan 5 trik kecil ini kalau mau menurunkan berat badan!

 

Stop Diet

Salah satu poin terpenting yang jadi trik ahli nutrisi untuk kita yang ingin menurunkan berat badan: stop diet!

Kita mungkin masih berpikir, diet yang menyiksa merupakan cara paling tepat untuk mengurangi berat badan. Padahal, kadang kunci dari menjaga kesehatan tubuh kita adalah cukup dengan fokus pada perilaku sehat seperti rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Perhatikan setiap perubahan kecil yang bisa kita lakukan dalam gaya hidup kita, seperti lebih sering berolahraga ringan setiap hari, memperhatikan asupan kalori, dan lebih perhitungan saat makan.


Jangan Menghindari Jenis Makanan Tertentu

Kadang kita terlalu terobsesi menghindari jenis makanan atau bahan makanan tertentu yang dipercaya dapat menambah berat badan. Faktanya, kita cukup meninjau kembali keseimbangan kalori dan asupan nutrisi kita. Kalau kita merasa mengonsumsi banyak kalori, perbanyak pula olahraga untuk membakarnya. Jika malas berolahraga kita bisa mengurangi asupan kalori dengan melewatkan makanan yang memang enggak wajib kita konsumsi.

 

Jadwalkan Konsumsi Makanan yang Diinginkan

Mengurangi berat badan bukan berarti kita harus benar-benar berhenti mengonsumsi makanan enak. Kita bisa menjadwalkan cheat meal setiap seminggu sekali dan makan apapun yang kita inginkan dengan tetap memperhatikan porsinya. Yang penting kita segera kembali pada pola makan yang sehat setelah itu.

 

Perhatikan Porsi Makanan

Sama seperti skip makanan tertentu yang sia-sia untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan juga enggak bakal membantu kita mengurangi berat badan dan malah menimbulkan masalah kesehatan. Jadi selalu perhatikan porsi asupan makanan kita sehari-hari. Meski sulit menentukan porsi yang tepat untuk mengenyangkan perut sekaligus menurunkan berat badan, kita bisa melalui trial-and-error untuk dapat lebih mengenali kebutuhan diri sendiri.

 

Konsumsi Protein untuk Sarapan

Kurangi kebiasaan sarapan terlalu sedikit atau skip sama sekali dan fokus mengonsumsi protein saat sarapan. Penelitian membuktikan cara ini efektif untuk memangkas berat badan. Kita bisa menyiapkan menu telur rebus, plain yogurt, atau semangkuk oatmeal untuk sarapan yang sehat, bergizi, dan dapat mengurangi berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.